Simak Perbedaan Rumah Sakit Hingga Klinik, SehatQ.com Sediakan Daftarnya

Simak-Perbedaan-Rumah-Sakit-Hingga-Klinik-SehatQ.com-Sediakan-Daftarnya
Indonesia terdiri hampir 260 juta penduduk yang setiap tahunnya mengalami peningkatan. Semakin banyak penduduk maka kebutuhan fasilitas umum akan semakin meningkat pula jumlahnya. Berbagai bidang kehidupan mulai dari bidang politik hingga kesehatan mempunyai fasilitas yang harus dipenuhi. Rumah sakit menjadi fasilitas wajib sebagai tempat pemeriksaan kesehatan oleh masyarakat. SehatQ.com merangkum berbagai informasi pusat kesehatan untuk mempermudah Anda menemukannya.

Sekilas Mirip Namun Berbeda

Unit pelayanan kesehatan seperti rumah sakit, klinik dan puskesmas pada dasarnya memberikan layanan utama untuk membantu menyembuhkan penyakit atau mengatasi keluhan Anda. Ketiganya tersedia hampir di setiap kota bahkan lebih dari satu. Lantas apa saja perbedaannya? Simak ulasan di bawah ini:

1. Wilayah Kerja

Setiap unit pelayanan kesehatan mempunyai wilayah kerjanya masing-masing. Puskesmas memiliki wilayah kegiatan yaitu di setiap kecamatan yang ada di Indonesia. Sedangkan rumah sakit baik negeri maupun swasta tidak mempunyai wilayah kerja yang menentu. Rumah sakit umumnya dibangun di pusat-pusat kota atau tempat tertentu yang strategis. Begitu pula dengan klinik. Hanya puskesmas saja yang memiliki wilayah kerja yang pasti.

2. Pelayanan Utama

Puskesmas yang merupakan akronim dari Pusat Kesehatan Masyarakat mengutamakan pelayanan kesehatan yang menyeluruh. Comprehensive Health Care Service yang diberikan oleh puskesmas bertujuan untuk pencegahan dan penanganan kesehatan dasar. Berbeda dengan rumah sakit yang lebih berfokus pada penanganan dan bukan pencegahan. Selain itu rumah sakit juga memberikan penanganan terhadap kasus-kasus berat.

Sedangkan klinik, hampir sama dengan rumah sakit. Hanya saja klinik biasanya lebih berfokus pada satu penanganan tertentu. Misalnya klinik gigi yang khusus digunakan untuk pelayanan kesehatan dan pencegahan terkait permasalahan gigi. Anda dapat dengan mudah menemukan klinik terdekat dan terpercaya melalui SehatQ.com.

3. Rawat Inap

Fasilitas rawat inap biasanya digunakan untuk menangani pasien yang membutuhkan perawatan lebih lanjut. Puskesmas di Indonesia pada dasarnya tidak diwajibkan untuk melengkapi dengan fasilitas rawat inap. Tetapi tetap ada puskesmas yang memberikan layanan tersebut. Biasanya letaknya terpisah. Sehingga puskesmas tutup sesuai jadwal operasional dan rawat inap tetap buka.

Berbeda dengan puskesmas, sebagian besar rumah sakit justru berlomba-lomba menyediakan rawat inap. Ada beragam jenis kamar untuk setiap rumah sakit dan tentu dibandrol dengan harga yang berbeda pula. Sedangkan klinik justru tidak menyediakan fasilitas rawat inap. Fokus utama klinik adalah penanganan ringan dan konsultasi dokter.

4. Jumlah

Wilayah kerja dan kepemilikan dari setiap unit pelayanan kesehatan membuat perbedaan jumlah. Adapun jumlah puskesmas di Indonesia mencapai 9.993 unit pada tahun 2018 silam. Tentu ada peningkatan di tahun 2020 ini. Sedangkan jumlah rumah sakit sebanyak 2.269 pada tahun 2018 silam. Sementara itu jumlah klinik terbagi menjadi dua yaitu klinik utama sebesar 925 sedangkan klinik pratama sebesar 7917 per 2018 silam.

Setiap kota biasanya memiliki ketiga unit pelayanan tersebut meskipun jumlahnya sedikit dan tersebar tidak merata. Anda dapat mencari tahu daftar rumah sakit, klinik atau puskesmas terdekat dengan tempat tinggal. Ketahuilah unit pelayanan kesehatan yang tepat untuk menangani keluhan Anda.

Selama pandemi Covid-19 ini Anda dapat memilih konsultasi daring dengan dokter daripada langsung menuju ke rumah sakit. Manfaatkan platform online yang bergerak di bidang kesehatan seperti SehatQ.com supaya menemukan dokter yang tepat untuk berkonsultasi. Hindari kerumunan dan tetap taati protokol new normal ketika bepergian, ya.

Belum ada Komentar untuk "Simak Perbedaan Rumah Sakit Hingga Klinik, SehatQ.com Sediakan Daftarnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel