Ini Dia Dampak Pandemi Terhadap Sektor Pariwisata di Indonesia

Ini-Dia-Dampak-Pandemi-Terhadap-Sektor-Pariwisata-di-Indonesia

Pandemi COVID-19 membawa banyak dampak bagi segala bidang, baik ekonomi bahkan hingga pariwisata. Ya, adanya pandemi COVID-19 memang mengharuskan tempat wisata di indonesia harus ditutup demi menghindari kerumunan. Nah, kali ini akan dibahas apa sih dampak pandemi terhadap sektor pariwisata di Indonesia. Langsung saja simak selengkapnya di sini.

Dampak Pandemi Terhadap Pariwisata di Bali

Seperti yang diketahui bahwa Bali menjadi primadona sektor wisata yang ada di Indonesia. Adanya pandemi COVID-19 ini memberikan dampak yang buruk. Bahkan, dampak ini jauh lebih buruk dibandingkan dengan krisis moneter di tahun 1998, letusan gunung agung atau bahkan peristiwa bom Bali.

Putu Astawa selaku Kepala Dinas Pariwisata Bali juga berharap agar pandemi ini segera berlalu. Hingga saat ini tidak ada wisatawan yang berlibur ke Bali. Hal ini karena kebanyakan turis yang datang berasal dari negara China, India, Australia dan negara Eropa lain yang saat ini juga sedang berjuang melawan virus ini.

Sejak virus Corona ini muncul, setiap harinya hanya ada sekitar 500 wisatawan asing saja yang datang ke Bali. Padahal, biasanya setiap harinya lebih dari 10.000 hingga 11.000 wisatawan yang datang. Secara tidak langsung, hal ini menimbulkan kerugian yang sangat besar.

Mulai dari para pedagang, tour gaet, hotel dan penginapan, rumah makan, tempat sewa, dan masih banyak lainnya. Semuanya merasakan dampak virus ini. Bahkan, untuk hotel sendiri tingkat hunian nya juga di bawah 15% saja.

Adapun jumlah ini pada dasarnya didominasi oleh para turis asing yang terpaksa menambah masa izin tinggalnya agar lebih aman. Hal ini karena mereka tidak bisa kembali ke negaranya karena wabah ini. Adapun upaya dari pemerintah Bali untuk mencegah penyebaran COVID-19 adalah dengan melarang adanya WNA yang masuk ke Indonesia khususnya Bali.

Jika melihat keadaan yang terjadi, pada dasarnya dampak pandemi terhadap sektor pariwisata di Indonesia tidak berlaku di Bali saja, namun di seluruh wilayah di Indonesia. Terlebih lagi untuk wilayah zona merah. Memang tidak bisa dipungkiri jika pandemi ini membawa dampak yang sangat berpengaruh terhadap sektor pariwisata.

Belum ada Komentar untuk "Ini Dia Dampak Pandemi Terhadap Sektor Pariwisata di Indonesia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel