Wisata Puncak Pagerbatu Banjar yang Instagramable

Wisata-Puncak-Pagerbatu-Banjar-yang-Instagramable

Wisata Puncak Pagerbatu Banjar jadi destinasi yang tidak boleh dilewatkan. Belakangan ini memang masyarakat lebih tertarik pada wisata yang menyuguhkan pemandangan alam secara natural. Selain untuk mengembangkan potensi alamnya, wisata alam sangat cocok untuk semua umur, terutama para generasi milenial yang suka berburu foto. 

Salah satu rekomendasi tempat wisata yang keren ada di Puncak Pagerbatu Kota Banjar, Jawa Barat.. 

Wisata Puncak Pagerbatu Banjar yang Instagramable 

Mengingat setelah ramainya Lembah Pajamben di Desa Binangun dikunjungi para wisatawan untuk berburu foto. Maka warga dusun Pagerbatu juga tidak mau ketinggalan untuk turut menarik pengunjung ke Desanya dengan memanfaatkan potensi alam yang dimiliki sebagai lokasi wisata. 

Warga Dusun Pagerbatu, Kecamatan Pataruman, Kota Banjar ingin memanfaatkan tren dikalangan muda yang gemar berswafoto dengan membuat terobosan baru sebuah Wisata Puncak Pagerbatu Banjar dengan keindahan alamnya. 

Lokasi Wisata Puncak Pagerbatu Banjar ini telah menyuguhkan pemandangan alam yang eksotis dengan sebuah pegunungan yang mengelilingi kota Banjar. Tidak heran jika wisata ini pasti membuat setiap orang betah berlama-lama di sana. 

Pada tempat ini juga dibangun spot foto sejak tiga minggu yang lalu. Dan tentunya spot foto disana sangat instagramable, cocok bagi pemuda pemudi yang ingin menambah koleksi feed instragram. 

Meskipun masih tergolong baru, Wisata Puncak Pagerbatu Banjar telah ramai mengisi ruang publik di media sosial karena ramainya pengunjung yang singgah ditempat ini. Terlebih saat hari liburan tiba atau weekend antara sabtu dan minggu. 

Berdasarkan berita yang dilansir oleh harapanrakyat.com menurut penuturan Yahya, seorang warga setempat bahwa tempat ini dulunya merupakan lahan yang banyak pepohonan serta semak belukar yang tumbuh liar. 

Namun Warga Dusun Pagerbatu bersama-sama membersihkan lokasi ini dan dibuat spot-spot foto, alhasil hari ini tempat ini menjadi daya tarik tersendiri bagi warga lain terutama di kalangan anak-anak muda. 

Menurut Keterangan lanjutan Yahya, bahwa pembukaan lokasi wisata ini merupakan murni inisiatif yang berasal dari warga setempat dan kelompok Karang Taruna, oleh karena itu pengelolaan wisata ini di lakukan secara bersama-sama oleh warga Dusun Pagerbatu secara bersama-sama. 

Selain daerah ini dibuka untuk wisata, warga juga melengkapi tempat ini dengan adanya warung kecil-kecilan, tempat membuang sampah hingga arena parkir yang kesemuanya ini dibuat oleh warga sekitar. Sehingga Dusun Pagerbatu kini menjadi lebih ramai pengunjung. 

Sementara menurut penuturan dari Cicih (34) seorang pemilih salah satu warung yang ada di lokasi Wisata ini mengaku bahwa dia juga turut membantu kerja bakti membersihkan tempat ini dengan warga lainnya. 

Selain itu, Cicih juga mengatakan bahwa bersamaan dengan itu langsung muncul inisiatifnya untuk turut menambah penghasilan dengan membuka warung sederhana di sekitar lokasi. Cicih merupakan salah seorang warga yang pertama kali membuka dagangan disini sebelum akhirnya banyak warga yang turut mengikuti jejak Cicih. 

Namun, untuk pedagang yang membuka warung di sekitar lokasi wisata ini adalah warga asli Dusun Pagerbatu, tidak berasal dari daerah yang lain. Hal ini dikarenakan untuk memberdayakan sumber daya manusia alias warga setempat. Cicih juga menambahkan keterangan bahwa dengan berjualan di lokasi ini sedikit banyak telah menambah penghasilan sehari-hari. 

Selanjutnya ada keterangan dari Tabeng, seorang penjaga parkir bahwa sebenarnya wisata ini dibuka pada haru sabtu dan minggu saja namun karena banyaknya pengunjung yang datang akhirnya pengelola memutuskan untuk membuka wisata tersebut setiap hari. 

Tabeng juga mengatakan bahwa Ia mulai berjaga dari pukul 7 pagi hingga pukul 5 sore, baru lokasi tersebut ditutup untuk umum, bahkan saat malam tetap dilakukan penjagaan di lokasi ini karena dikhawatirkan akan ada oknum yang berbuat hal yang tidak-tidak. 

Hasil uang parkir ini digunakan untuk biaya perawatan dan pengelolaan wisata. Kepala dusun Pagerbatu juga mengatakan bahwa ia takjub dengan sikap gotong-royong warganya untuk membuat sebuah inovasi wisata yang semakin kesini semakin terkenal banyak orang. 

Demikianlah ulasan mengenai Wisata Puncak Pagerbatu Banjar yang instagramable. Dan pastinya tidak ada salahnya untuk berkunjung kesana sembari menghabiskan di akhir pekan bersama keluarga. 

Belum ada Komentar untuk "Wisata Puncak Pagerbatu Banjar yang Instagramable"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel