Tips Aman Usir Kutu Rambut Untuk Ibu Hamil


Kutu rambut bisa mengganggu siapapun, terhitung ibu hamil (bumil). Namun, Bumil butuh lebih waspada waktu coba menanganinya. Masalahnya ada banyak obat yang tidak aman untuk ibu hamil, lho! Yuk, tahu langkah yang aman untuk menangani kutu rambut waktu hamil. 

Nah, untuk menangani kutu rambut dengan aman, di bawah ini ada cara-cara alami yang dapat Bumil kerjakan: 

1. Menyisir rambut dengan sisir serit 

Pertama, Bumil dapat coba menangani kutu rambut memakai sisir bergigi rapat atau biasa disebutkan sisir serit. Pakailah sisir ini pada rambut yang masih basah, contohnya sesudah keramas atau sesudah memakai pelembap (conditioner). 

Seterusnya, sisirlah rambut secara detail, dari mulai kulit kepala sampai ujung rambut. Kerjakan penyisiran lengkap ini paling tidak 2 kali supaya kutu tertangkap di sisir serit. 

Session penyisiran ini semestinya dikerjakan sekitar 3 kali dalam satu minggu sepanjang 2 minggu, atau sampai Bumil tidak temukan kutu di kulit kepala. Janganlah lupa selalu untuk membersihkan sisir serit sampai bersih sesudah memakainya, ya. 

2. Manfaatkan minyak mendasar serta beberapa bahan alami 

Minyak mendasar, seperti minyak tea tree serta minyak kayu putih, dapat dipakai untuk menangani kutu rambut waktu hamil. Walau demikian, sebelum Bumil memakai minyak mendasar, semestinya kerjakan uji alergi lebih dulu. 

Triknya, berikan dikit minyak di punggung tangan sepanjang sesaat serta nantikan apa muncul reaksi alergi, seperti kulit jadi merah atau gatal. Jika tidak tampil reaksi alergi, Bumil dapat memakai minyak mendasar lewat cara tersebut: 

  • Campur 15-20 tetes minyak mendasar dengan 30 ml minyak zaitun, serta aduk rata. 
  • Berikan kombinasi minyak itu ke semua kulit kepala serta rambut, lalu diamkan sepanjang 12 jam. 
  • Bumil dapat memakai penutup rambut (shower cap) jika ingin tidur. 
  • Sisir rambut, selanjutnya keramas sampai bersih. 

Tidak hanya minyak mendasar, mentega serta minyak almond dapat juga Bumil pakai lewat cara yang sama. 

Tetapi butuh diingat, beberapa bahan ini cuma lemahkan kutu hingga lebih gampang lepas dari rambut. Oleh karenanya, step menyisir dengan sisir serit perlu tetap dikerjakan walau telah memakai minyak mendasar. 

3. Bersihkan semua barang pribadi dan perlengkapan rumah 

Langkah berikut butuh dikerjakan untuk meminimalisir efek penyebaran, baik dari orang ke Bumil atau sebaliknya. Bumil dianjurkan untuk bersihkan semua perlengkapan rumah serta membersihkan bersih semua benda yang kontak dengan rambut, dari mulai sisir, sarung bantal, seprai, handuk, boneka, baju, sampai helm.

Belum ada Komentar untuk "Tips Aman Usir Kutu Rambut Untuk Ibu Hamil"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel